Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Film Indonesia Yang Di Bicarakan Di Eropa? Lihat Judulnya

Film Indonesia Yang Di Bicarakan DI Eropa? Lihat Judulnya

Hiburan - Film Indonesia, Marlina the Murderer in Four Acts, ditampilkan selama screening mingguan khusus di Bristol, Inggris, di mana sebuah diskusi juga diadakan di sela-sela acara.

Menurut pernyataan dari Kedutaan Besar Indonesia di London, yang juga mengkoordinasikan diskusi pada hari Senin, pembicara menekankan tugas film dalam memicu diskusi perihal isu-isu gender, yang diilustrasikan melalui dongeng Marlina dalam film.

Hana Satriyo, seorang pakar partisipasi gender dan perempuan, dalam diskusi tersebut menyampaikan bahwa penggambaran Marlina dalam film tersebut memperlihatkan pandangan perihal pentingnya pemahaman dan implementasi kebijakan berbasis gender, khususnya untuk memberdayakan perempuan.

"Marlina berjuang untuk mempertahankan integritasnya, namun dikala ia mengakui tanggung jawab atas tindakannya, pemerintah setempat digambarkan tidak menangani kasus dengan benar," kata Hana, menyerupai dikutip dalam pernyataan itu.

Disutradarai oleh Mouly Surya, film ini bercerita perihal Marlina, seorang perempuan yang menjalani kehidupan yang hening di Sumba hingga suatu hari seorang laki-laki berjulukan Markus dan gengnya mencoba merampok rumahnya dan balasannya membunuhnya.

Sementara itu, hebat film Ekky Imanjaya, yang memperoleh gelar doktor dalam studi film dari East Anglia University, memperlihatkan bahwa film ini merayakan perkembangan pesat industri film Indonesia.

"Sebelum reformasi, hanya ada empat sutradara atau produser perempuan di industri film Indonesia," kata Ekky, mengacu pada periode politik transisi Indonesia pada tahun 1998. "Sangat menarik bagaimana dongeng seorang wanita, disutradarai oleh seorang wanita, difilmkan memakai latar belakang gaya, yang biasanya dianggap sangat maskulin, "tambahnya.

Penyaringan khusus Marlina diadakan di Watershed, sebuah sentra media di Bristol yang mempunyai pengutamaan pada sinema arthouse.

Film ini sebelumnya diputar pertama kali di Inggris di Glasgow Film Festival. Pada bulan April, Marlina diputar di London selama Festival Film East End dan di Lembaga Film Inggris, di mana sutradara Mouly juga menghadiri diskusi. (liz / wng)

Sumber : Thejakartapost.com

Posting Komentar untuk "Film Indonesia Yang Di Bicarakan Di Eropa? Lihat Judulnya"