Gak Nyangka, Guru Belajar Khusus Dapat Jadi Milyader


Gak Nyangka, Guru Les Privat Bisa Kaprikornus Milyader

Seorang guru matematika asal China gres saja menyandang status sebagai salah satu orang terkaya di dunia. Adalah Liu Yachao, laki-laki berusia 36 tahun yang bisa menangkap peluang bisnis dari tingginya usul tutor pelajaran matematika di negaranya.

Melansir laman Bloomberg, Senin (23/4/2018), Liu merupakan Chief Operating Officer (COO) dari TAL Education Group, perusahaan penyedia jasa tutor bagi siswa di China.

Liu yakni orang kedua yang menjadi miliarder dari perusahaan tersebut sehabis sahamnya naik lebih dari dua kali lipat sepanjang tahun lalu.

Liu dulunya merupakan guru matematika pertama yang bergabung dengan perusahaan tersebut.

Dari profesi tutor, beliau lantas memimpin divisi penelitian dan pengajaran. Ia juga pernah memimpun sentra operasi jaringan dan training sekolah.

Baru kemudian ia menduduki posisinya yang sekarang. Kini ia mempunyai 4,7 persen saham di TAL Education Group yang bernilai USD 1 miliar. Sementara pendiri TAL lainnya, Zhang Bangxin mempunyai total kekayaan USD 6,6 miliar.

Perusahaan enggan memberi keterangan lebih lanjut mengenai kekayaannya keduanya.

"Pendapatan TAL sangat didorong oleh tingginya jumlah pendaftaran. Kami sangat konkret wacana pasar pendidikan di China dengan tingginya kesadaran masyarakat untuk meningkatkan kualitas diri," jelas Connie Gu, analis di Bocom Internasional.

Para orangtua di China diketahui menghabiskan rata-rata USD 42.892 atau Rp597 juta (USD 1=Rp 13.909) untuk pendidikan anak-anaknya.

Menurut laporan dari HSBC Holdings Plc., 93 persen dari total tersebut dihabiskan untuk membayar biaya les privat.

Sumber : Liputan6.com