Soal Matematika Gampang, Dewasa Jepang Ga Dapat Jawab, Apa Ya Soalnya?


Sebuah soal dongeng dalam ujian matematika dikecam para gamers di Jepang. Pasalnya dalam soal itu bermain game dianggap membuang-buang waktu, memicu perdebatan di media sosial.

Dikutip dari situs gosip Jepang SoraNews24, foto soal ujian ini diunggah seorang ayah di Jepang pada Senin kemudian di Twitter. Dia mengaku merasa bersalah sehabis membaca soal matematika yang disodorkan putri bungsunya.

娘の宿題の問題で、ゲームをした時間を無駄に過ごしたっと書いてある事に、めっちゃ 悪意を感じた(><
コレは、ゲームを作ってる人への冒涜だと思う pic.twitter.com/GyCjSGE5M6

— タナカ ヒジリ テルユキ (@HiZiRi_DIESEL) May 14, 2018

Berikut terjemahan dari soal tersebut:

"Pada pagi hari, kamu menghabiskan satu jam dan 50 menit bermain video games. Sore, kamu menghabiskan dua jam dan 50 menit bermain video games. Total, berapa jam dan menit waktu yang buang percuma?"

Sebenarnya menjawabnya gampang saja, tinggal menjumlahkan saja jam dan menit dalam soal tersebut. Namun pengunggah mengaku tidak bisa menjawab soal itu.

Dia yaitu seorang gamer, dan tidak merasa bermain video game telah membuang waktu. "Soal itu yaitu penghinaan bagi orang-orang yang menciptakan video game," kata dia.

Soal matematika itu telah diretweet oleh lebih dari 54 ribu orang dan di-like lebih dari 83 ribu orang. Kebanyakan merespons dengan kecaman terhadap soal yang dianggap melecehkan industri game tersebut.


Bertualang dengan Nintendo Switch. (Foto: Nintendo)
Video game yaitu industri besar yang menyumbang pemasukan sampai USD 13,67 miliar di Jepang pada 2017.

"Saya ingin guru itu menyampaikan bukti bahwa bermain game sama saja membuang-buang waktu," kata seorang pengguna Twitter menanggapi soal matematika itu.

Sebagian menyampaikan itu yaitu soal yang tidak mungkin untuk dijawab.

"Ini soal yang mustahil. Seperti bertanya 'Jika kamu punya 10 apel dan lima jeruk, berapa pisang yang kamu punya?" ujar pengguna Twitter lainnya.

Sebagian yang lain mencoba merekonstruksi ulang soal tersebut.

"Di hari liburnya, guru menghabiskan satu jam dan 30 menit menonton sinetron. Setelah itu, beliau menghabiskan dua jam menonton talk show dengan bintang tamu pemain drama favoritnya. Total, berapa jam dan menit yang guru itu sia-siakan?"

Sumber : Kumparan.com

Komentar