Tanda ‘Kehadiran’ Princess Diana Dalam Ijab Kabul Pangeran Harry

Potret Putri Diana dan Pangeran Harry (Foto: Kensington Palace via Reuters)

Meski, Putri Diana sudah meninggal 20 tahun yang lalu, kehidupan Pangeran William dan Pangeran Harry sebagai kedua putra Pangeran Charles dan Putri Diana memang tidak sanggup dilepaskan dari sosok sang ibu.

Semasa hidupnya, meski dirundung aneka macam masalah, publik tetap melihat bagaimana kecintaan yang dalam Putri Diana terhadap kedua putranya tersebut. Diana selalu tampak sangat melindungi William dan Harry, dan tak segan memperlihatkan korelasi yang hangat antara ia dan anak-anaknya. Berbeda sekali dengan citra keluarga kerajaan waktu itu yang populer kaku dan dingin.

Karena itulah, Pangeran William dan Harry begitu terpukul ketika ibu mereka meninggal ketika mereka masih berusia remaja, terutama Harry sebagai si anak bungsu.

Ketika kedua pangeran tersebut tumbuh dewasa, banyak penggemar Putri Diana yang berandai-andai bagaimana bangganya sang putri melihat kedua putranya tumbuh menjadi sosok perjaka mengagumkan dan menjadi pangeran pujaan rakyat Inggris.

Dan para penggemar Putri Diana begitu duka ketika di hari penting kedua pangeran, terutama pada hari ijab kabul mereka, sang ibu tidak sanggup berada di antara mereka.

Tapi, meski sudah tiada, baik William dan Harry sangat terinspirasi oleh ibu mereka. Berbagai warisan dan kenangan mengenai Putri Diana mereka teruskan pada wanita pendamping mereka.

Pangeran William memperlihatkan cincin pertunangan milik Diana kepada Kate Middleton, sementara Harry menghadiahi Meghan Markle salah satu cincin favorit Diana, ialah cincin dengan model Aquamarine yang dibeli oleh Putri Diana tak usang sebelum ia meninggal.

Tidak hanya itu, pada hari ijab kabul mereka, kedua pangeran ini, melalui aneka macam unsur berusaha ‘menghadirkan’ warisan dan ide ibu mereka ke dalam pesta ijab kabul mereka.

Berikut kumparanSTYLE merangkum beberapa ide Diana dalam ijab kabul Pangeran Harry dan Meghan Markle yang berlangsung Sabtu (19/5) lalu.

1. Bunga Untuk Dekorasi dan Bouquet



Putri Diana dikenal sangat menyukai bunga mawar putih. Bunga ini menghiasi ijab kabul Diana dan Charles pada 1981, dan ditanam di sekitar kuburan Diana di Althorp, sekaligus di memorial garden Diana di Kensington Palace.

Ini juga tergambar dalam lagu Elton John, 'Goodbye England Rose' yang dinyanyikannya pada upacara pemakaman Diana yang terinspirasi dari sebutan publik kepada Diana sebagai English Rose.

Sebagai tribute kepada Putri Diana, Pangeran Harry dan Meghan Markle juga menentukan bunga mawar putih sebagai hiasan di program ijab kabul mereka disamping bunga favorit Meghan, peony dan jenis bunga lainnya menyerupai beech, birch dan hornbeam.

Dalam bouquet yang dipegang Meghan Markle juga terdapat bunga Forget-Me-Nots yang merupakan bunga favorit Putri Diana.



2. Pidato Sambutan dari saudara Putri Diana, Lady Jane Fellows


Dalam momen ijab kabul Pangeran Harry dan Meghan Markle, kali ini tampak abang wanita dan adik pria Putri Diana turut hadir. Diana mempunyai dua abang perempuan, ialah Lady Sarah McCorquodale dan Lady Jane Fellowes, Baroness Fellowes serta adik pria Charles Spencer. Ketiga saudara Putri Diana turut hadir bersama putera puteri mereka, bahkan Lady Jane Fellowed didaulat untuk memberi kata sambutan pada upacara di gereja.

Keputusan Pangeran Harry untuk meminta abang kandung dari ibunya ini memperlihatkan sambutan memperlihatkan betapa pentingnya bagi Harry hubungannya dengan keluarga Putri Diana.

3. Penampilan Elton John 

Elton John di Royal Wedding Pangeran Harry (Foto: REUTERS/Chris Jackson)
Elton John dikenal sebagai salah satu sahabat bersahabat Putri Diana. Lagunya ‘Candle in The Wind' atau juga dikenal dengan 'Good Bye England Rose’ di pemakaman Putri Diana pada 1997, berhasil memancing air mata warga dunia yang mencicipi kesedihan atas final hidup sang putri. Tidak heran bila Pangeran Harry menentukan Elton John untuk tampil di resepsi pernikahannya.

4. Veil atau Tudung Pengantin Meghan Markle


Ketika Meghan berjalan menaiki tangga gereja di hari pernikahannya, ingatan penonton eksklusif melayang ke 37 tahun sebelumnya, ketika Lady Diana Spencer menaiki tangga gereja St.Paul dengan baju pengantinnya yang megah. Selain baju pengantin yang extraordinary tersebut, Diana juga mengenakan tudung atau veil yang sangat besar. Pilihan Meghan untuk juga mengenakan veil yang besar dan panjang sanggup jadi salah satu caranya memberikan penghormatan dan sekaligus terinspirasi dari Putri Diana.

Di awal pernikahan, ketika stasiun menyiarkan upacara ijab kabul di gereja, tampak satu dingklik dibiarkan kosong di sebelah Pangeran William dan sempurna di depan Ratu Elizabeth. Berbagai reaksi muncul di media sosial. Banyak yang terharu sebab berpikir dingklik tersebut dibiarkan kosong sebab seharusnya Putri Diana duduk di sana.
Tetapi kemudian menyerupai dilansir Harpers Bazaar, dingklik kosong tersebut merupakan cuilan dari protokol kerajaan; dingklik harus dibiarkan kosong bila terletak di depan Ratu Elizabeth. Hal yang sama juga terjadi pada ijab kabul Pangeran William di tahun 2011.

Pangeran William dan Kate Middleton juga memperlihatkan tribute terhadap Putri Diana dalam beberapa program ijab kabul mereka 2011 lalu. Tribute pertama tampak dari cincin pertunangan untuk Kate Middleton, yang merupakan cincin pertunangan miliki Putri Diana. Sebelum hari pernikahannya, Pangeran William juga mengajak Kate Middleton untuk mengunjungi makam Diana, kemudian Pangeran William memasukkan himne ‘Guide Me, O Thou Great Redeemer’ pada upacara pernikahannya yang juga dinyanyikan pada upacara pemakaman Diana.

Sumber : Kumparan.com