Wasit Senior Liga Premier Inggris Buka Kartu Siapa Pemain Sopan Dan Keras Kepala


Selain pemain dari dua kesebelasan yang yang berlaga dalam sebuah pertandingan, wasit menjadi figur yang paling diperhatikan di lapangan hijau.

Menjadi wasit yang memimpin sebuah sabung bukanlah keinginan semua orang namun lebih sering jawaban 'kecelakaan'.

Inilah yang terjadi dengan wasit Mark Clattenburg yang sudah malang melintang sebagai wasit senior Liga Premier Inggris.

Wasit berusia 43 tahun ini yang kini menjabat sebagai wasit kepala Federasi Sepak Bola Arab Saudi memperlihatkan pandangannya, mengenai siapa pemain yang dianggapnya sebagai pemain paling hormat kepada wasit, pemain yang paling sulit dihadapinya dan hubungannya dengan instruktur legendaris Manchester United, Sir Alex Ferguson.

1. Pemain yang paling hormat dengan wasit

Sport Bible
 Di mata sang wasit yang menjadi pengadil sabung akhir Liga Champions Eropa 2016, kapten Manchester City, Vincent Kompany merupakan seorang 'absolute legend' yang menciptakan kiprah seorang wasit sangat mudah.

Dilansir dari Sport Bible, Mark Clattenburg ingat beliau mengusir sang pemain sewaktu membela timnas Belgia melawan Israel, dan dikala keduanya bertemu lagi Vincent Kompany menyampaikan kepadanya "Mark, kamu menciptakan keputusan yang tepat."

Dan dikala sang wasit menciptakan kesalahan, sang pemain pun menghampiri dirinya sebelum babak kedua dimulai dengan memperlihatkan pujian: "Mark, bahkan wasit yang paling baik di dunia pun menciptakan kesalahan."

2. Pemain yang paling sulit dihadapi

Sport Bible


Di mata Mark Clattenburg, pemain yang paling sulit dihadapi yakni Craig Bellamy yang dalam setiap sabung selalu menyulitkan dirinya.

Kamu menghadapi situasi sebaliknya dengan Craig Bellamy, yang mengusik dirimu terus menerus.

Jika kamu yakni seorang wasit muda, hal itu tidak akan membantu sebab kamu selalu mendapat perasaan negatif di kepalamu sehabis laga.

Craig Bellamy tercatat sempat membela beberapa klub besar Liga Premier Inggris menyerupai Blackburn, Liverpool, West Ham dan Manchester City dan kini bekerja sebagai pundit Sky Sports.

3. Hubungannya dengan Sir Alex Ferguson

twitter.com/@Fenerbahce_EN


Dilansir dari Daily Star, Mark Clattenburg mengungkapkan hubungannya dengan mantan instruktur legendaris Manchester United, Sir Alex Ferguson.

Menurut sang wasit, beliau selalu menaruh rasa hormat kepada Sang Pelatih dan sabung di Old Trafford tidaklah selalu mudah.

"Ferguson biasanya jarang berbicara - kamu biasanya akan tahu bila melaksanakan kesalahan dari tatapan matanya,"demikian tegasnya, sebagaimana dilansir dari Daily Star.

Namun seiring berjalannya waktu dan komunikasi yang terjalin, beliau berbagi rasa hormat kepada sang pelatih, di mana cara melatih di pinggir lapangan dan caranya memainkan sabung sangat unik di matanya.

Jargon 'wasit juga manusia' tampaknya juga berlaku bagi seorang Mark Clattenburg yang telah memimpin banyak sabung selama satu dekade menjadi wasit profesional.

Sumber : Idntimes.com